Pameran Karya Konstelasi

Wahana Menunggang Kuda Asyik dan Edukatif

Elly Purnama

Tempat wisata D’Kandang Amazing Farm di Jalan Penarikan, Kelurahan
Pasir Putih, Kota Depok, Jawa Barat menawarkan wahana menunggang kuda kepada para pengunjungnya. Tidak sendiri, pengunjung yang menunggang kuda akan dipandu oleh penjaga.

“Tidak hanya berwisata, pengunjung akan mendapatkan ilmu bagaimana cara menunggang kuda,” ujar Yudi, salah satu instruktur di D’Kandang kepada Media Kota pada Selasa (15/6/2021).

Dengan intruksi yang diberikan penjaga, pengunjung dapat menaiki kuda tanpa menggunakan tangga pembantu. Untuk menaiki kuda tanpa tangga, pengunjung berdiri terlebih dahulu di samping kuda.

Kaki kiri terlebih dahulu berpijak pada sanggurdi yaitu pijakan kaki saat menunggangi kuda di sisi kiri. Angkat tubuh lalu duduk pada pelana dan masukkan kaki kanan pada sanggurdi di sebelahnya. Setelah itu kita pegang tali kekang dengan kedua tangan. Kita tidak perlu mengarahkan tali kekang tersebut, penjagalah yang akan memandu arah jalannya kuda.

Namun bila kita meminta untuk mengarahkan kuda sendiri, pengunjung tetap diperbolehkan. Ketika menunggang kuda, pengunjung diajak mengobrol oleh penjaga kuda.

Hal ini bertujuan agar pengunjung merasa nyaman dan tidak ketakutan.
Bila orang yang menunggangi kuda tersebut takut, kuda akan memberontak. Kuda akan diam dan sulit untuk diarahkan. Harus ada rasa percaya pada kuda tersebut.

Pengunjung akan diajak mengelilingi satu lintasan di sana. Pohon-pohon dan rerumputan hijau di sekitar lintasan dapat menyegarkan mata ketika melihatnya. Ada banyak manfaat dari menunggang kuda. Yudi berkata terapi autis dapat dilakukan dengan berkuda.

Hal yang dapat dipelajari langsung oleh pengunjung ketika menunggang kuda adalah bagaimana cara menyeimbangkan tubuh. Punggung juga harus tegap ketika duduk di pelana. Bila dilakukan secara rutin, kegiatan ini dapat memperbaiki struktur tulang punggung menjadi lebih tegap dan tegak.

Untuk merasakan pengalaman wahana menunggang kuda di D’Kandang Amazing Farm, pengunjung dapat membeli tiket di loket yang tersedia. Wahana ini dikenakan tarif Rp25,000,-per orangnya.

Liputan

Jurnalistik