Pameran Karya Konstelasi

Spot Budaya Dukuh Atas Tetap Ramai Saat Pandemi

Adinda Tasya M

Ramainya spot Budaya Dukuh Atas di tengah pandemi yang merupakan tempat wisata terbuka secara gratis untuk pengunjung yang ingin menikmati indahnya suasana pusat Kota Metropolitan.

Inilah spot Budaya Dukuh Atas untuk bersantai. Dibangun sejak Maret 2019 dan telah diresmikan oleh Gubernur Anies Baswedan pada (18/08/2019) lalu.

Tempat yang disebut sebagai spot budaya ini memiliki area seluas 2.000
Meter persegi yang merupakan wilayah strategis karena terdapatnya stasiun MRT, Transjakarta, dan Commuterline.

Alzahra Putri, pengunjung asal Mampang mengatakan bahwa spot budaya ini sangat terjangkau yang dengan mudah dapat dikunjungi menggunakan transportasi umum.

“Tempatnya cukup dekat dari rumah jadi terjangkau untuk dikunjungi, terus bisa diakses menggunakan transportasi umum jadi mudah sekali untuk berwisata ke sini.” Ujarnya saat diwawancarai.

Saat ini, spot Budaya Dukuh Atas ramai didatangi wisatawan. Beberapa fasilitas yang disediakan adalah skateboarding, viewing desk (tempat melihat pemandangan kota), dan hutan tropis mini untuk menciptakan area suasana bebas asap polusi kendaraan tengah kota.

Tempat ini dahulunya merupakan jalan raya yang diubah fungsi menjadi taman, hal ini dilakukan untuk memberikan ruang interaksi kepada masyarakat yang berkegiatan di KawasanJenderal Sudirman.

Dikala pandemi sekarang, tempat ini diberlakukan pembatasan pengunjung guna meminimalisasi penyebaran virus Covid-19.
Namun sayangnya, masih banyak beberapa pengunjung yang mengabaikan adanya virus Covid-19. Pengunjung masih bersikap tak acuh dengan tidak menggunakan masker serta kurangnya menjaga jarak satu sama lain.

Menurut Umar Ibrahim, skateboarding di Dukuh Atas. Spot ini sudah menerapkan protokol kesehatan yang cukup, jika masih ada yang belum memenuhi hal itu adalah kesalahan individual karena tidak menaati peraturan yang berlaku disini.

“Peraturan yang ada sudah jelas, tinggal kita sebagai pengunjung saja yang sadar atau tidak akan pentingnya peraturan yang sudah ditetapkan pada spot ini,” tambah Umar.

 

Liputan

Jurnalistik