Pameran Karya Konstelasi

Bisnis Rumahan di Masa Pandemi

Fayha Afanin Ramadhanti

COVID-19 tidak selalu berdampak negatif. Jika pandemi dipandang dari sisi yang berbeda akan memunculkan sesuatu yang positif, seperti yang dilakukan mahasiswi ini.

Jasmine Hanida, mahasiswi semester 2 jurusan Ilmu Gizi di Universitas Negeri Airlangga ini berhasil memproduktifkan masa karantinanya. Dimana sebagian orang menggunakan kondisi pandemi sebagai alasan untuk tidak berkembang, Jasmine justru berhasil menciptakan bisnis gantungan kunci berbahan dasar resinnya sendiri yang ia beri nama Abirupa. Ia mengaku tidak berharap lebih di awal merintis bisnisnya.

“Awalnya iseng aja sih, aku kan udah nganggur dari lama ya, alhamdulillahnya dapet SNMPTN, jadi ngga perlu belajar lagi, hahaha” ujarnya saat saya berkunjung ke rumahnya di Komplek Bina Lindung, Jatiwaringin.

Jasmine memang memiliki hobi membuat kerajinan tangan. Bahan-bahannya ia dapatkan secara online, setelah itu ia olah sedemikian rupa menjadi gantungan kunci yang cantik.

Penjualannya hanya dari teman-teman dekat di Instagram. Jasmine memang terlihat sebagai pribadi yang baik dan humble, maka tidak dapat dipungkiri bahwa ia memiliki banyak teman. Selain itu Jasmine juga rutin membuat konten Tik Tok berisi proses pembuatan gantungan kunci resinnya.

”Iya, dari teman-teman aja sih, mereka baik-baik banget selalu beli dan promosiin di ig, jadi sejauh ini jangkauan pembelinya emang baru temannya teman, tapi udah lumayan banget” kata Jasmine.

”Alhamdulillah banyak juga yang repeat order, ngga tahu ya karena memang bagus atau kasihan, hahaha” lanjutnya sambil bercanda.

Ia bersyukur karena dikelilingi teman-teman dan orangtua yang selalu mendukungnya. Ia juga senang dapat mengurangi beban orangtuanya dengan dapat mulai sedikit-sedikit membiayai hidupnya sendiri.

”ya walaupun belum bisa bantu mereka seenggaknya ngga nyusahin lah ya,” ujarnya menutup percakapan kami.

Liputan

Jurnalistik